Rabu, 22 Agustus 2012

Belajar Cepat Bahasa Pemrograman Ruby


Awalnya karena tidak sengaja. Aku menginstall heroku-toolbelt untuk membuat apps di facebook. Waktu aku lihat ternyata setelah instalasi ada tiga folder baru di "C:\Program Files" yaitu Git, Heroku dan ruby-1.9.2. Karena penasaran, kucoba buka folder ruby tersebut. Setelah itu, folder bin didalamnya yaitu: "C:\Program Files\ruby-1.9.2\bin" dimasukkan ke Environtment Variables seperti di gambar ini:



Setelah itu aku bingung, mulai darimana dulu belajarnya?. Beruntungnya, saat mencari sesuatu yang bisa dibaca di folder "C:\Program Files\ruby-1.9.2\doc" ada sebuah file dengan nama "bookofruby.pdf". Aha, ini dia... Oke, kita mulai belajar Ruby dengan cepat :D

Program Sederhana (Tingkat Pemula)

Semua bahasa pemrograman di tutorialnya pasti diawali dengan membuat program "Hello World", nah karena di ruby bikin program "Hello World" cuma butuh satu baris :D, maka aku buat program yang "agak" rumit. Programmnya akan meminta inputan nama lalu langsung ditampilkan. Ini programmnya:

print "Masukkan namamu: "
nama = gets
puts "Selamat datang #{nama}"

Simpan di folder manapun sesukamu lalu diberi nama "coba.rb" (kata coba bisa diganti apapun, yang penting extensionnya .rb). Disini aku menggunakan Console (cmd) untuk mengeksekusi file ruby. Kalau gak salah sebenarnya bisa pake irb tapi bagusan kayak gini kayaknya. Nah, outputnya seperti ini:



Lihatlah betapa simpel dan mudahnya membuat output yang kalau di C++ atau Java butuh beberapa baris tambahan (include lah, int main lah, public class lah,..). Di ruby tipe data tidak perlu ditentukan dulu karena secara dinamis ruby akan menentukan sendiri type data dari variabel tersebut. Kita tidak perlu menulis string nama = "" untuk membuat variabel nama dengan tipe data string. Untuk output kita bisa menggunakan print (tidak ada pindah baris setelah teks) atau puts (pindah baris). Seperti di PHP, variabel dalam double qoute akan diterjemahkan, bedanya kalau di PHP variabelnya dengan tanda $ sedangkan di ruby dengan #{namavar} (*agak ribet juga nulisnya..)

Program Menghitung Diskon (Tingkat Menengah :D)

Sekarang kita akan membuat program yang sedikit agak panjang yang fungsinya sebagai alat penghitung sekaligus menggunakan beberapa fungsi struktur kendali seperti if (iya, if saja :)

puts "Masukkan harga barang: "
harga = gets.to_f
puts "Masukkan diskonnya (dalam persen): "
diskon = gets.to_f
# jika harga yang dibawah 0
if (harga <= 0) then
puts "Apa yang mau dihitung kalau 0? >:("
else
puts "Total yang harus dibayar adalah #{harga - ((harga * diskon)/100)}"
end

Tampilannya seperti ini:



Ada hal baru disitu yaitu pas baris kedua kita harus melakukan type casting agar input menjadi float dengan perintah .to_f. Untuk menuliskan komentar satu baris di ruby menggunakan tanda # diawal baris. Kode diatas juga memiliki struktur kendali if else. Sesuai dengan judul posting ini yaitu "Belajar Cepat Bahasa Pemrograman Ruby" maka postingnya aku akhiri dulu (*cepat kan...). Jika kamu penasaran ingin lebih tau pemrograman dengan ruby coba baca file "bookofruby.pdf" yang ada di folder "C:\Program Files\ruby-1.9.2\doc". Happy Coding :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar